BAB 14
Bisnis Internasional
Hakikat bisnis internasional Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas-batas negara. Transaksi bisnis dilakukan oleh suatu perusahaan dengan perusahaan lain atau indiviidudi negara lain disebut pemasaran internasional atau internasional marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai bisnis internasional.
Perdagangan Internasional (International Trade)
Dalam perdagangan internasional yang merupakan transaksi antar Negara biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ekspor dan impor. Dengan adanya transaksi ekspor dan impor tersebut maka timbul neraca perdagangan antar negara (balance of tread).
Pemasaran International (International Marketing)
Pemasaran internasional yang merupakan keadaan suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada umumnya merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi di luar negeri.
Alasan Melakukan Bisnis Internasional
Ada beberapa macam alasan melakukan biisnis internasional
a. Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul sehingga dapat menghasilkannya secara lebih efisien dan paling murah diantara Negara-negara yang lain.
b. Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara Negara-negara yang lain
c. Mengkonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komoditi yang memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negerinya.
Tahap-tahap dalam memasuki bisnis internasional
Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya melibatkan diri secara bertahap dari tahap yang mengandung resiko sampai dengan tahap yang tidak mengandung resiko. Adapun beberapa tahap tersebut secara kronologis adalah sebagai berikut :1. Ekspor Aktif
2. Ekspor Insidentil
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
Hambatan dalam memasuki bisnis internasional
Ada beberapa hambatan dalam memasuki bisnis internasional yaitu:
1. Batasan perdagangan dan tarif bea masuk
2. Perbedaan bahasa social budaya atau cultural
3. Kondisi politik dan hukum/perundang-undangan
4. Hambatan operasional
Perusahaan multinasional
Perusahaan multinasional adalah suatu perusahaan yang melaksanakan kegiatan secara internasional atau melakukan operasinya di beberapa Negara. Perusahaan macam ini sering disebut Multinasional Corporations (MNC).
id.wikipedia.org/wiki/perusahaan_multinasional
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://qeyty.blogspot.com/2008/10/bab-v-bisnis-internasional.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar