BAB 2
Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
pengertian Perusahaan
Pengertian atau definisi Perusahaan ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘ tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia. Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Kedudukan Perusahaan
Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Contoh bentuk lokasi perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang.
Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Contoh bentuk lokasi perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang.
Letak Perusahaan
· Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
· Letak dari pasar konsumen
· Ketersediaan tenaga kerja
· Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
· Ketersediaan energy
Jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahan tersebut. Misalnya, pabrik dan peternakan.
· Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
· Letak dari pasar konsumen
· Ketersediaan tenaga kerja
· Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
· Ketersediaan energy
Jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahan tersebut. Misalnya, pabrik dan peternakan.
Letak perusahaan yang mengikuti sejarah
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang dan kerajinan batik didaerah yogyakarta, hal ini disebabkan dulu seni membatik di mulai dari para wanita didalam karaton.
Letak perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Misalnya, Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
Letak perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
Jenis perusahaan ini bersifat industri dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi. Seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang dan kerajinan batik didaerah yogyakarta, hal ini disebabkan dulu seni membatik di mulai dari para wanita didalam karaton.
Letak perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Misalnya, Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
Letak perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
Jenis perusahaan ini bersifat industri dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi. Seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
Perusahaan dan Lembaga Sosial
Tujuan pendirian perusahaan
Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
Tujuan social
Memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun Perusahaan masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Tujuan pendirian perusahaan
Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
Tujuan social
Memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun Perusahaan masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Perusahaan sebagai suatu sistem
kombinasi berbagai sumber ekonomi yang mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang untuk mencapai tujuan tertentu.
Sistem perusahaan
· - Kompleks
· - Sebagai suatu kesatuan atau unit
· - Sifatnya beragam
· - Saling tergantung
· - Dinamis
Fungsi-fungsi perusahaan
Ada dua fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancar:
·Fungsi Operasi
fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan undang-undang.
- Fungsi Manajemen
·Fungsi Operasi
fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan undang-undang.
- Fungsi Manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Ciri-ciri perusahaan
-Operatif
adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
-Koordinati
diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
-Regular
untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
-Dinamis
lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
-Formal
tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
-Lokasi
perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
-Pelayanan Bermasyarat
keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
-Operatif
adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
-Koordinati
diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
-Regular
untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
-Dinamis
lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
-Formal
tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
-Lokasi
perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
-Pelayanan Bermasyarat
keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnnya Terhadap Perusaha
Lingkungan eksternal adalah perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahan.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
-Lingkungan eksternal makro
adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• SDA, lingkungan
• Politik dan hankam
• Hukum.
- Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
Pemasok / supplier
yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
Lingkungan eksternal adalah perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahan.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
-Lingkungan eksternal makro
adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• SDA, lingkungan
• Politik dan hankam
• Hukum.
- Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
Pemasok / supplier
yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
Teknologi
yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode.Pasar
sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Lingkungan Internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
Bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas bisnis pada umumnya punya tujuan menghasilkan laba. Bisnis sangat erat kaitannya dengan perusahaan. Meskipun demikian, untuk memahami seluk beluk bisnis diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan ilmu ekonomi perusahaan serta konsep-konsep pokoknya, agar bisnis dapat dikelola sesuai sarana. Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat faktor lingkungan.
Bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas bisnis pada umumnya punya tujuan menghasilkan laba. Bisnis sangat erat kaitannya dengan perusahaan. Meskipun demikian, untuk memahami seluk beluk bisnis diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan ilmu ekonomi perusahaan serta konsep-konsep pokoknya, agar bisnis dapat dikelola sesuai sarana. Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat faktor lingkungan.
http://syadiashare.com/pengertian-perusahaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar